Komunitas Penggemar One Piece Indonesia by Ciepo.com

Admin Putuyoga is Back. Pembersihan spam obat kuat dan sejenisnya sedang dilakukan.
 
Avatar pengguna
Monkey D Luffy
Master
Master
Post: 1530
Join: 29 Okt 2015
Lokasi: New World [Dunia Baru]
Gender: Male
฿ 531.525.350

Review dan Pembahasan One Piece Chapter 828 – 1 Dan 2

04 Jun 2016, 09:57

Jika ada sebuah hal yang terlalu kebetulan terjadi – mereka biasanya bukanlah sebuah kebetulan.

~~ Topi Kepahlawanan ~~

Dari cerita sampul sebelumnya, kita diperlihatkan orang-orang yang berhubungan dengan Bajak Laut Topi Jerami dalam 2 tahun terakhir. Saat kita berharap cerita sampul kali ini akan menampilkan Rayleigh atau Hancock, Oda memberikan kejutan lain.

Dari geladak kapal dunia – Cerita manusia 500 juta
Vol.19: “Pulau Manusia Ikan – Topi Pahlawan “itu” yang Sedang Marak”

“Teman atau musuh, kalian saja yang tentukan sendiri!”

Masih ingat kata-kata ini?

Kata-kata super dari kapten kita kepada para penduduk manusia ikan yang ragu apakah Kelompok Bajak Laut Topi Jerami itu teman atau musuh.

Hasilnya?

Kini Luffy dkk sudah dianggap bak pahlawan di kerajaan Ryuugu. Dan anak-anak tentunya ingin jadi seperti pahlawan mereka. Cara termudah – tentu saja dengan meniru apa yang jadi ciri khas sang pahlawan.

Aku yakin banyak dari kalian yang pernah mempraktekan “kamehameha”, ya kan?

Bagi anak-anak di Pulau Manusia Ikan, pahlawan mereka identik dengan topi jerami – karena itulah di chapter 653 yang lalu mereka meminta untuk dibelikan topi yang mirip dengan milik pahlawan mereka.

Saat ini, saat Fukaboshi dan Yowahoshi akan pergi ke reverie – mereka bisa melihat anak-anak disana sudah memakai topi itu. Sungguh cepat sekali para pebisnis melihat peluang, hanya sebentar mereka sudah bisa menyediakan topi-topi itu untuk dijual ke pasaran.

Kalian tahu mengapa di judul tak disebutkan nama sang pahlawan? Mungkin karena Kerajaan Ryuugu yang masih berafiliasi dengan Pemerintah Dunia – dan mereka tentu saja tak boleh menjadikan bajak laut sebagai Pahlawan resmi negara....

Cerita sampul selanjutnya, entahlah......

Hanya orang-orang dengan keberuntungan seperti Usopp ditambah keberuntungan seperti Buggy yang bisa menebaknya dengan benar.

Apa dari kalian ada yang mempunyai keberuntungan sebesar mereka?

~~ Keluarga Impian ~~

Ternyata para aktor utama yang tak sengaja saling bertemu itu tak berlalu begitu saja. Mereka sama-sama mengetahui peran masing-masing. Peran yang saling bersinggungan satu sama lain. Purin dan Luffy. Dia yang akan dinikahkan dan dia yang ingin mengambil kembali sang mempelai pria. Sepertinya sudah menjadi takdir mereka untuk saling bertemu sebelum acara utama dimulai.

Disini kita mendapat konfirmasi dari Purin bahwa benar Big Mam menggunakan anak-anaknya untuk pernikahan politis dan menjadikan bajak lautnya semakin kuat dari hasil pernikahan tersebut. Mungkin Gotti yang menikah dengan “okami”, mungkin Aladdin yang menikah dengan anak Big Mam, yang jelas kita tahu bahwa dari keluarga Vinsmoke – Sanji lah yang akan melaksanakan tugas tersebut. Tugas mulia baginya untuk menjadi penyatu kedua belah keluarga.

Terkesan sederhana, tapi pernikahan politis dari anak-anaknya bukan hal yang main-main. Karena ternyata Big Mam mempunyai 85 anak! 39 perempuan dan 46 laki-laki.

Apa kalian pernah bertemu seseorang yang mempunyai anak sebanyak itu?

Sungguh pas jika julukan Charlotte Linlin adalah Big Mam – karena memang ia adalah Big Mam. Ibu dari keluarga besar sekaligus punya tubuh yang besar pula – cocok.

Anak-anak ini didapat Big Mam dari 43 suami. Jangan tanya darimana Big mam bisa mendapat suami sebanyak itu. Bisa jadi kesemua pernikahan itu juga terjadi hanya karena pernikahan politis semata.

Jadi, bagaimana cara Big Mam punya anak sebanyak itu? apakah banyak anak kembar disana? Jika Big Mam mengandung setiap tahun – kapan ia punya kesempatan jadi bajak laut? XD

Tentu ada kemungkinan anak-anak itu adalah anak angkat atau anak bawaan dari sang suami. Kemungkinan lain, melihat tubuhnya yang besar bisa saja Big Mam adalah seorang dari ras raksasa. Ras yang katanya mampu hidup hingga 300 tahun. Tentu tak masalah jika Big Mam menghabiskan 100 tahun dalam hidupnya untuk membuat anak, ‘kan? XD

Apapun, hal ini benar-benar efektif bagi Big Mam. Sekarang pondasi dari salah satu bajak laut terbesar di dunia ini berasal dari ikatan keluarga mereka sendiri. Ikatan yang katanya lebih kuat dari apapun di dunia ini.

Kalian ingat ada seorang bajak laut besar yang punya impian untuk memiliki keluarga?

Seharusnya kakek tua itu menikah saja dengan Big Mam. Ia akan dengan mudah memiliki keluarga sekaligus bajak laut XD

Atau bisa jadi mereka sebenarnya sudah menikah dan memiliki anak bernama Jewelry Bonney. Kita tak tahu....

~~ Tak Harus Memiliki ~~

“Salah satu saudara perempuanku meninggalkan rumah untuk mencari cintanya sendiri. Perjalanan untuk mencari sang mempelai pria”

Jika kalian masih mengatakan bahwa ini bukan Lola, beri aku alasan yang masuk akal. Karena semuanya sangat pas – Lola yang selalu melamar pria, wanita mirip Lola di bajak laut Firetanks, semuanya. Kita hanya tinggal menunggu bagaimana dadu bertuliskan “Nami adalah sahabat Lola” akan dimainkan oleh Oda. Sesuatu yang bisa jadi merubah papan permainan kelak.

Purin sendiri ternyata sudah bertemu dengan Sanji sekali. Ia terlihat benar-benar jatuh cinta dengan sang pangeran (dari negeri orang-orang bodoh – kata Zoro) XD Tentu saja, siapa yang bisa menyembunyikan kebahagiaan saat ia bertemu dengan pasangan impiannya?

Tapi meskipun mereka sama-sama jatuh cinta, sama-sama ingin menikah – mereka tahu ini tak akan berhasil. Mereka tak bisa bersama. Cinta yang terhalang oleh keadaan.

Sanji – entah bagaimana – menolak pernikahan itu. ia tentu saja lebih mementingkan teman-temannya. Mementingkan impiannya serta impian teman-temannya. Ia tahu bahwa cinta dan impiannya tak bisa berjalan bersamaan, untuk itulah Sanji harus memilih satu diantaranya – dan ia lebih memilih impian dan petualangan.

Meski berbeda situasi, hal ini juga pernah ditunjukkan Sanji. Yaitu saat ia meninggalkan Viola sendirian ketika ia mendengar Tim Sunny sedang dalam bahaya. Jadi tindakannya saat ini juga tak begitu mengejutkan.

Purin juga mengerti akan hal ini. Ia sepertinya sudah dewasa untuk mengerti bahwa – cinta memang tak harus memiliki. Ia kini hanya bisa berharap orang selanjutnya yang akan dijodohkan dengannya akan lebih baik dari Sanji.

Tapi sayangnya, soal cinta dan wanita – tak ada yang lebih baik dari Sanji di luar sana. Maaf Purin....

~~ Jalan Penyelamat ~~

Selama obrolan di rumah Purin itu, Carrot dan Chopper tak berhenti makan rumah dan meja. Sampai rumah bolong dan meja habis dimakan oleh mereka. Kita doakan saja semoga mereka tak diabetes ya..

Purin tak disangka memberikan Luffy dkk rute aman untuk sampai di Pulau Whole Cake. Rute yang hanya diketahui oleh anak-anak Big mam.

Rute ini membuat Luffy tak harus mendarat di pulau lain dan bisa langsung melaju menuju Pulau Whole Cake.

Rute ini memanfaatkan Log Pose dunia baru yang memiliki 3 jarum. Purin memberikan cara agar Luffy bisa memakai 3 log pose itu dan bisa melalui pulau-pulau tanpa lebih dulu mendarat disana. Tentu jika Luffy singgah di salah satu pulau terlebih dahulu, kemungkinan untuk ketahuan akan semakin besar (walaupun sebenarnya ia sudah ketahuan).

Di rute itu Purin memberi tanda kapan Luffy harus mengikuti Log Pose ke-1, Log pose ke-2 dsb. Dengan begini tim penyelamat sanji bisa sampai di pantai baratdaya dari Pulau whole cake dengan aman. Tempat dimana Purin berjanji akan membawa Sanji untuk kemudian dibawa oleh Luffy kabur dari sana.

Satu-satunya hal yang menggangguku adalah, angka 1 pada rute itu digunakan beberapa kali dengan arah yang berbeda. Bukankah di awal cerita kita dijelaskan bahwa kita harus mendarat di sebuah pulau terlebih dahulu sebelum log mencatat medan magnet pulau selanjutnya? Ataukah ini keanehan yang hanya terjadi di dunia baru?

Apa kalian bisa menjelaskan hal ini padaku? (sungguh)

Jawaban masuk akal yang lain adalah – alat yang digunakan tersebut bukanlah Log Pose. Sebuah jawaban yang aku sendiri tak yakin akan kebenarannya. Semoga Oda akan menjelaskannya di masa depan kelak.

Apapun, yang pasti kita semua tahu bahwa rencana pelayaran ini tak akan berjalan mulus. Karena tak ada rencana yang berjalan mulus jika itu sudah melibatkan seseorang bernama Monkey D Luffy.

~~ Akting yang Luar Biasa ~~

Deskripsi Purin tentang Sanji sangat tepat sekali. Alis sedikit keriting, mata berbentuk hati, kaki hitam dan pintar memasak.

Tapi yang kita tahu, info itu bisa Purin dapatkan dari poster buruan Sanji. Info Sanji sebagai koki juga diketahui Pekoms dan Big Mam, artinya bukan hal aneh jika Purin juga tahu akan hal itu. Mungkinkah Purin berbohong bahwa ia telah bertemu dengan Sanji?

Kuncinya ada pada kata “Kudengar kakinya itu hitam......”

Kata-kata yang sampai ditimpali oleh Chopper bahwa julukan Sanji “kaki hitam” tak ada hubungannya dengan kaki berwarna hitam. Seseorang yang pernah bertemu dengan Sanji pasti akan mengetahui hal ini. Mereka yang hanya mengetahui Sanji dari poster buruan hanya bisa tahu julukan sang pangeran saja – kaki hitam – mungkin akan menganggap bahwa kaki Sanji benar-benar hitam.

Mungkinkah Purin hanya berbohong tentang itu semua? Tapi buat apa?

Aku sendiri curiga tentang fakta bahwa Purin belum diperkenalkan dengan benar. Belum ada box perkenalan nama dari dirinya. Chapter lalu di box perkenalan hanya tertulis “pemilik kafe karamel”. Hal ini biasanya berhubungan dengan fakta bahwa ada sesuatu yang Oda sembunyikan dan belum ingin diberitahukan pada para pembaca.

Purin juga dengan mudah memberikan jalan aman kepada Luffy dkk. Apa dari kalian ada yang mencium bau jebakan?

Satu hal yang pasti, jika kemudian terbukti bahwa Purin adalah antagonis di cerita kali ini, kita harus memberikan pujian pada akting Purin yang luar biasa....

~~ Paksaan ~~

Seperti yang aku katakan diatas, gerak-gerik Purin sangatlah mencurigakan. Tapi Purin sendiri terlihat sebagai seorang yang baik hati.

Mungkinkah Purin sedang menjalankan peran yang pernah dilakukan oleh “Conis”?

Di cerita Pulau Langit, Conis sempat membawa Luffy dkk menuju karasumaru untuk kemudian menjalani ujian dari para dewa karena Conis dan ayahnya takut akan mendapat hukuman dari dewa.

Jika benar bahwa Purin yang menyuruh Luffy menuju pantai Baratdaya Pulau Whole Cake adalah untuk menjebaknya (dengan mengepung Luffy disana atau sebagainya), mungkinkah Purin hanya melaksanakan perintah dari Big Mam karena ia takut pada ibunya?

Kita tahu Big Mam sudah tahu bahwa Luffy sedang menuju kesana. Hal yang masuk akal jika Big Mam ingin menjebak Luffy. Mungkin Pulau Cacao adalah yang terdekat dari arah Zou atau Big Mam mendapat laporan dari bawahannya jika Luffy ada disana, ia kemudian menyusun rencana untuk menjebak Luffy. Ia kemudian memanfaatkan anaknya – Purin - yang memang tinggal di Pulau Cacao.

Hal ini terpikirkan karena reaksi Purin yang benar-benar seperti orang yang sedang jatuh cinta. Puri terlihat sebagai orang yang benar-benar baik hati, meskipun ia tetap mencurigakan. Mungkin ini terjadi hanya karena paksaan sang Mama saja.

Purin yang mengatakan - ia anak Big Mam, jadi ia akan baik-baik saja jika berkhianat - tentu tak akan baik-baik saja jika menentang Mamanya.

Masuklah Luffy – orang yang kemudian akan menyelamatkan Purin (karena Purin telah memberinya makan – bagi Luffy dia adalah orang baik jika memberinya makan).

Mungkin pernikahan Sanji dan Purin tak akan terjadi dalam waktu singkat, tapi mungkin akan terjadi di akhir cerita nanti. <3

Ataukah Purin akan ikut berpetualang di atas Sunny-go?

~~ Terlalu Kebetulan ~~

Chocolate Fried Chicken. Bayangkan makanan ini. Sepertinya enak kan? Aku juga mau. Pantas saja bahkan orang seperti Pedro tertarik untuk memakannya~

Sebuah hal yang sudah bisa ditebak sebenarnya, saat Pekoms tak ikut ke rumah Purin – kemudian ia sudah hilang saat Luffy dkk kembali ke kapal.

Jadi kemana Pekoms? Dan ada apa dengan pesan aneh yang menyuruh Luffy untuk “Putar balik”?

“Apa kau buang air besar?”

Ini adalah pertanyaan favorit sang kapten. Ia kerap menanyakan hal ini jika ada makhuk aneh di depannya. Bukan tak mungkin ia juga sudah menanyakannya kepada bangsa mink, meskipun kita tak melihatnya. Mungkin karena inilah Luffy menyuruh teman-temannya untuk mencari Pekoms di kamar mandi – mungkin hanya inilah yang Luffy ingat dari bangsa mink – bahwa mereka bisa buang air besar. XD

Hal yang lebih aneh lagi terjadi, mengapa pesan yang ditinggalkan tersebut ada di kamar mandi? Bukankah kemungkinan untuk dibaca lebih besar jika pesan tersebut ditulis di dek atau sekitar kemudi? Apa yang sebenarnya terjadi?

Aku sendiri bisa yakin bahwa yang menulis pesan tersebut adalah Pekoms, melihat bahwa pesan tersebut ditulis menggunakan goresan kuku – dan Pekoms adalah singa yang mempunyai kuku tajam.

Kita tahu bahwa Big Mam sudah mengetahui tentang kedatangan Topi Jerami, bukan hal yang tak mungkin ia menyuruh anak buahnya untuk menangkap mereka. Sayang, saat mereka menuju Sunny, hanya ada Pekoms. Tapi hal ini punya kemungkinan yang kecil.

Kemungkinan yang besar adalah – Big Mam memang hanya ingin menangkap Pekoms saja. Untuk apa?

Tidakkah hal ini begitu mencurigakan bagi kalian – Saat Luffy baru saja mendapat rute “aman” menuju Whole Cake, satu-satunya orang di Sunny yang mengerti tentang Totland dan Whole Cake menghilang.

TERLALU KEBETULAN!

Mungkin Pekoms diculik karena jika ia melihat rencana perjalanan itu, ia akan langsung tahu bahwa itu adalah jebakan. Nah, agar rencana penjebakan berjalan lancar – Pekoms harus disingkirkan dari Sunny-go.

Entah untuk apa penjebakan ini – pengepungan di pantai barat daya Whole Cake, atau disana ada apa kita belum tahu. Yang jelas jika ada sesuatu yang terlalu kebetulan – mereka biasanya bukanlah sebuah kebetulan.

Lalu kenapa pesan tersebut ada di kamar mandi?

Mungkin saja saat anak buah Big Mam mencarinya, pekoms sedang buang air besar di kamar mandi. XD ia segera menulis pesan tersebut dan keluar dari sana agar pesannya tak diketahui orang yang menangkapnya.

“putar balik” ia tulis karena sekarang ia baru sadar – Big Mam sudah tahu tentang kedatangan Luffy, dan terus maju ke pulau Whole Cake sama saja dengan masuk ke kandang singa. Bunuh Diri.

Tentu saja Luffy tak peduli dengan pesan tersebut. Seperti yang ia katakan, akhirnya semuanya mulai menarik. Dan jika ada yang menarik di One Piece – artinya sama saja mengatakan bahwa akan ada cerita yang luar biasa kedepannya, kita tunggu saja~~

~~ Bisnis yang Cerdas ~~

Yes! Akhirnya kita melihat sosok 2 kakak Sanji!

Belum diperkenalkan secara resmi memang, tapi penampilan mereka cukup membuat rasa penasaran ini sedikit berkurang (atau malah bertambah ya?).

Dua kakak Sanji ini – sebagai bagian dari Germa 66 – menghentikan perang yang sudah berkecamuk selama 2 tahun di Pulau Brokoli hanya dalam waktu 4 jam saja!

Luar biasa.

Sebegitu kuatkah mereka? Sebegitu kuatkah Germa Double Six?

Kita sedikit melihat bagaimana kakak pertama bertarung. Saat ia mengatakan “Wall” maka anak buahnya akan melindungi sang kakak dari tembakan peluru sekalipun seperti sebuah tembok. Entah ini adalah kekuatan buah iblis yang membuatnya jadi bisa menyuruh orang sesuka hati, atau lebih mungkin ini menunjukkan bagaimana anak buah Germa 66 begitu setia – dengan pemikiran lebih baik mati daripada tak mengikuti perintah sang pemimpin.

“apakah kami telah menerima pertolongan dari sang Iblis? Bukan... Tuhanlah yang telah menyelamatkan kami. Hidup Germa 66!”

Mereka yang menghentikan perang tentu akan menjadi pahlawan. Begitupun dengan Germa 66. Tapi ingatkah kalian bahwa organisasi ini terkenal sebagai warmonger – alias penghasut perang atau dengan kata lain organisasi yang menjadi dalang dibalik sebuah perang?

Teoriku, adalah Germa 66 sendiri yang menjadi penghasut perang yang terjadi di pulau tersebut. Mereka dalang dibalik itu semua. Saat kemudian mereka yang disana sudah putus asa, Germa datang sebagai bantuan yang akan mengakhiri perang. Mereka datang sebagai pahlawan yang akan menyelamatkan negara tersebut.

Tentu tak dengan gratis. Mereka meminta kompensasi – imbalan yang harusnya tak sedikit. Negara yang sudah putus asa tentu akan dengan senang hati memberikannya jika itu artinya peperangan di negara tersebut berhenti.

Jika benar bahwa Germa 66 yang menjadi dalang dibalik peperangan. Kemudian di akhir mereka mendapat imbalan dan juga di cap sebagai pahlawan penyelamat. Bukankah ini adalah sebuah bisnis yang cerdas dan sangat menggiurkan?

~~ Dia yang Istimewa ~~

Sepertinya kakak pertama dan kedua membenci adik mereka –Sanji.

Sanji sendiri jika kita lihat sebagai satu-satunya yang memiliki alis berbeda dari semua saudaranya. Apakah hal ini yang membuatnya istimewa sekaligus dibenci?

Mungkin saja Sanji adalah satu-satunya yang punya alis mirip dengan sang ayah – sehingga ia begitu disayang dan mungkin juga akan dijadikan sebagai penerus tapuk kepemimpinan.

Sanji kecil yang begitu dibenci saudara-saudaranya, dikucilkan, jadi tak tahan. Ditambah dengan keluarganya yang berada di bisnis “kotor”, ia semakin menjadi tak betah berada disana (mungkin juga ada hubungannya dengan sang Ibu – tapi ini cerita untuk lain waktu). Sanji kemudian kabur dari rumah.

Tentu sang ayah yang sangat sayang pada Sanji mencarinya. Bahkan hanya dengan sedikit petunjuk ia menggunakan pasukan dari markas besar angkatan laut untuk mencarinya (yang ternyata adalah Duval). Begitu juga dengan poster buruan “only alive”, menunjukkan bagaimana sang ayah ingin Sanji kembali dalam keadaan hidup.

Jika kemudian nanti di Pulau Whole Cake Sanji bertemu dengan saudara-saudara yang membencinya, apa yang akan terjadi? Bertarung? jika kemudian Luffy dkk juga sampai disana, apa Sanji akan meminta Luffy untuk membantunya melawan keluarganya sendiri?

Simpan dulu pertanyaan-pertanyaan tersebut. Simpan dulu rasa penasaran itu. Kita tahan dulu rasa ingin tahu kita selama 2 minggu karena minggu depan chapter libur. XD

Sekian dulu Review kali ini, lagi-lagi maaf karena baru bisa mereview di hari sabtu. XD

Terima kasih sudah membaca sampai disini dan sampai jumpa 2 minggu lagi~~ :D

Salam alis keriting~~ 66

Credit by: Oikgerd. Admin One Piece Fans Club Indonesia
Hiduplah Menurut Jalan Pikiranmu Sendiri, Luffy!
Ada Kalanya Era Ini Tiba-tiba Menentukan Segalanya. Itulah Pertanyaan Dunia!
Hari di Mana Kita Akan Bertemu!

---Monkey D. Dragon---
Gambar

Siapa yang online

Pengguna yang lagi ada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar and 1 tamu