Komunitas Penggemar One Piece Indonesia by Ciepo.com

Admin Putuyoga is Back. Pembersihan spam obat kuat dan sejenisnya sedang dilakukan.
 
Avatar pengguna
Monkey D Luffy
Master
Master
Post: 1530
Join: 29 Okt 2015
Lokasi: New World [Dunia Baru]
Gender: Male
฿ 531.525.350

Review dan Pembahasan One Piece Chapter 827 – Totland

31 Mei 2016, 09:56

Dunia fantasi. Itulah dunia yang kita masuki saat ini. Cerita tentang Big Mam dan yang berhubungan dengannya Oda ambil dari cerita-cerita fantasi yang ada di dunia nyata sebagai referensi. Alice in Wonderland, Hansel and Gretel, Aladin, dan lain-lain. Jika kalian ingin tahu apa saja yang Oda ambil dari cerita-cerita tersebut, untuk sekedar tahu ataupun membuat analisa serta teori – kalian bisa mencari tahu tentang cerita-cerita fantasi yang ada di dunia ini. Sebelum terlalu jauh, mari kita mulai saja pembahasan chapter ini. Let’s go~~

~~ Persiapan Untuk Perubahan ~~

Dari Geladak Kapal Dunia: Cerita Manusia 500 juta
Vol. 18: Kerajaan Kamabakka – Persiapan

Pulau Momoiro adalah salah satu pulau di Grand Line. Pulau ini dipenuhi dengan warna pink, dari tumbuhan maupun hewan. Di pulau ini terdapat sebuah kerajaan bernama Kamabakka. Kerajaan yang dipimpin oleh seorang yang dikenal dengan pembuat keajaiban – Emporio Ivankov.

Cerita sampul kali ini memperlihatkan Iva-san dan penduduk kamabakka sedang melakukan suatu persiapan.

Persiapan untuk apa?

Mereka sepertinya sedang bersiap-siap untuk menyambut tamu, tamu besar. Bukan hal yang mengejutkan lagi jika tamu tersebut adalah pasukan revolusi.

Iva sendiri adalah salah satu petinggi dari pasukan perubahan ini. Ia adalah orang yang penting sekaligus kawan dari sang pemimpin. Ia sudah terlihat bersama Dragon sejak puluhan tahun yang lalu. Bisa dibilang ia adalah salah satu dari tangan kanan alias orang kepercayaan dari Dragon.

Baltigo – markas besar pasukan revolusi sendiri sekarang sudah hancur lebur akibat kedatangan tamu tak diundang, Bajak laut Janggut Hitam dan juga Cipher Pol. Padahal sebelumnya Dragon sudah memerintahkan bawahannya untuk mengumpulkan para pemimpin Pasukan Revolusi dari seluruh dunia. Tentu rencana ini tak akan berhenti hanya gara-gara markas mereka hancur. Karena perubahan pada dunia ini sudah tak bisa ditunda lagi – setidaknya begitu menurut pemikiran Dragon.

Pasukan ini memerlukan tempat baru untuk berkumpul. Memindahkan markas mereka ke Kerajaan Kamabakka adalah hal yang masuk akal. Kamabakka berjarak tak terlalu jauh dengan Baltigo – sama-sama masih di Grand Line (entah Baltigo di Paradise maupun Dunia Baru, masih lebih dekat daripada ke 4 blues). Apalagi pemimpin kerajaan ini memang salah satu petinggi pasukan revolusi. Mereka bisa dengan tenang melakukan pertemuan disini.

Sekarang kita tinggal menunggu apa yang akan direncanakan dan dilakukan selanjutnya oleh pasukan revolusi.

Ini adalah salah satu kejutan yang disiapkan oleh Oda dari Cerita Sampul kali ini. Kira-kira apa lagi kejutan yang Oda siapkan di cerita sampul berikutnya?

Dari cerita sampul kali ini, yang belum terlihat adalah Hancock dan juga Rayleigh. Kemana dulu ya?

~~ Tanah Penawaran ~~

Tim Sunny berlabuh di sebuah pulau. Sepertinya ini pulau yang sama dengan yang ditemui oleh Sanji beberapa hari yang lalu.

Pulau ini penuh dengan coklat, lebih tepatnya pulau ini dibangun dengan coklat! Bahkan pada kenyataannya nama pulau ini memang Pulau Cacao (Coklat).

Coklat mengalir di air mancur, bangunan terbuat dari coklat, pemandian coklat panas, pakaian coklat, pokoknya ini surga dunia (setidaknya begitu menurut Luffy XD).

Pulau coklat yang memiliki rumah-rumah yang terbuat dari coklat yang dapat dimakan mirip dengan rumah yang disebutkan dalam Cerita Hansel and Gretel.

Pulau ini adalah salah satu dari 34 pulau yang berada di sekitar Pulau Whole Cake. Semuanya – 34 ditambah pulau Whole Cake – sudah seperti menjadi satu kesatuan, seperti menjadi sebuah negara – lebih dikenal dengan sebutan “Totland”.

Pulau-pulau ini berada dalam penguasaan Big Mam dengan Whole Cake sebagai pusat dan kemungkinan sebagai markas besar Bajak Laut Big Mam.

Masing-masing pulau dipimpin oleh seorang kanselir.

Jumlah pulau di Totland sendiri ada 35. Sepanjang pengetahuan kita, setidaknya Big Mam memiliki 35 anak (perempuan). Bukan hal yang tidak mungkin jika masing-masing anak Big Mam – dan pasangan hasil pernikahan politisnya – diberikan kekuasaan sebagai pemimpin di pulau-pulau tersebut.

Jika benar demikian, bisa jadi kanselir di pulau-pulau tersebut tak lain tak bukan adalah anak-anak Big Mam itu sendiri, yang menjadikan kekuasaan Big Mam di Totland tak terbatas.

Melihat Purin berada dan memiliki kafe di pulau coklat, dan juga ia yang membuat coklat tersebut, bukan tidak mungkin bahwa Purin adalah Kanselir Coklat – artinya pemimpin di pulau coklat ini.

Masih perlu dilihat lagi kedepannya apakah benar ini yang terjadi, karena pengetahuan kita tentang itu masih sangat terbatas.

Melihat Big Mam mempunyai banyak sekali pulau dalam genggamannya, adakah diluar sana orang yang tak memiliki tanah dan ingin bergabung dengan Big Mam?

Ada! Keluarga Vinsmoke!

Big Mam ingin melakukan pernikahan politis dengan Vinsmoke untuk mendapatkan teknologi mutakhir milik mereka. Lalu apa yang Vinsmoke dapatkan dari pernikahan politis itu?

Mungkinkah hal ini yang ditawarkan Big Mam kepada Vinsmoke melalui pernikahan tersebut? Menawarkan sebuah tanah, sebuah pulau untuk diperintah kepada keluarga Vinsmoke – sebuah keluarga kerajaan yang tak memiliki tanah untuk diperintah ?

Sebuah kemungkinan yang tak bisa kita abaikan begitu saja.

~~ Makanan yang Menyelamatkanku ~~

Sungguh, tim sunny adalah tim penyusup yang sangat hebat. Disaat seharusnya tim penyusup masuk dan keluar tempat tujuan tanpa diketahui, mereka malah bertemu dengan semua orang! XD

Bertemu kapal Germa 66, ketahuan oleh Aladdin, terakhir mereka malah bertemu dengan sang mempelai wanita, Purin! XD

Purin adalah pemilik dan pembuat kafe coklat yang dimakan oleh Luffy dan Chopper. XD

Sepertinya Purin ternyata memang adalah si gadis bermata 3. Melihat dari Jelly hidup yang ada disampingnya itu mirip dengan jelly hidup yang ada di samping gadis bermata 3. Tapi kita belum tahu, bisa juga ternyata ada banyak lendir hidup disana.

Kotak perkenalan Purin sendiri sangat mencurigakan. Bersama Purin diperkenalkan 2 benda yang datang bersamanya, Labian si Karpet dan Nitro si Jello. Tapi yang mencurigakan adalah kotak perkenalan Purin yang tak tertulis namanya atau sebagainya, hanya tertulis “pemilik kafe karamel”.

Hal ini biasanya dilakukan oleh Oda untuk menyembunyikan suatu fakta penting. Suatu fakta yang kita para pembaca tak boleh untuk mengetahuinya untuk saat ini, fakta yang diberikan petunjuk-petunjuk kecil oleh Oda untuk ditemukan para pembacanya.

Sampai saat ini kita melihat bahwa Purin adalah orang yang baik hati. Sama sekali tak mencerminkan sikap ibunya yang mengerikan.

Melihat banyaknya benda mati yang jadi hidup di cerita kali ini, ada teori yang mengatakan bahwa si lendir adalah pengawal yang Big Mam tugaskan untuk mengawasi para anaknya. Pengawas yang melihat setiap gerak gerik anaknya dan apa yang sedang mereka lakukan. Sebuah kemungkinan yang bukan tidak mungkin.

Melihat sifat Purin yang berbeda 180 derajat dari sang Mama, mungkinkah sebenarnya Purin tak suka melakukan pernikahan politis untuk keluarganya? Lebih jauh lagi, mungkinkah Purin sebenarnya tak senang menjadi bagian dari keluarga ini? Hanya karena dia diawasi 24 jam saja ia jadi tak bisa melarikan diri atau melakukan sesuatu.

Jika benar seperti itu, bagaimana?

Tentu saja Luffy akan menyelamatkannya. Apa ada alasan untuk Luffy menyelamatkan Purin?

Purin sudah memberi Luffy makan, itu alasan yang cukup bagi Luffy untuk menyelamatkan seseorang. XD

We’ll see~

~~ Rencana atau Diam? ~~

Inikah pertama kalinya Brook berhasil melihat celana dalam Nami? XD

Nami terlihat sangat cantik di baju yang dikenakannya sekarang, baju yang mirip dengan pakaian tradisional asal Jerman.

Berbicara soal Nami, ada hal yang sangat aneh dengan dirinya di chapter ini.

Bukankah saat Capone Bege memberikan undangan pernikahan pada Sanji, Nami dkk ada disana? Artinya mereka tahu bahwa nama mempelai wanita Sanji adalah Purin?

Aku tak berharap banyak dari Chopper dan Brook ingat tentang hal ini, tapi Nami adalah wanita yang cerdas. Ia kemungkinan besar masih ingat dengan kejadian tersebut.

Purin sendiri sudah memberitahukan namanya pada Luffy dkk saat mereka ada di rumah Purin, yang artinya Nami juga mengetahuinya.

Tapi mengapa ia diam saja?

Aku berani bertaruh bahwa Nami punya rencana kedepannya. Rencana bagaimana memanfaatkan Purin untuk membawa Sanji kembali. Aku hanya belum tahu rencana seperti apakah itu.

Mungkin karena Nami mengetahui tentang Purin inilah ia langsung menutup mulut Luffy saat ia memperkenalkan dirinya, karena Nami tahu bahwa Purin adalah orang penting bagi Big Mam dan bahaya jika Purin mengetahui tentang Luffy dkk yang akan menjemput Sanji.

Mungkin Nami punya rencana atau ia hanya diam karena tak ingin ketahuan saja, masih kita tunggu kedepannya...

Yang jelas, Nami cantik sekali... XD

~~ Ketidaksempurnaan Dalam Kesempurnaan ~~

Impian Big Mam adalah membuat sebuah negara dimana di dalamnya semua ras didunia bisa hidup berdampingan.

Sebuah impian yang sangat indah juga mulia.

Bukankah ini impian sebagian besar orang di dunia?

Di Totland kita bisa melihat berbagai ras di dunia hidup bercampur menjadi 1. Kaki panjang, mink, manusia ikan, duyung, kurcaci, manusia, dan juga kemungkinan snakeneck (leher ular) – ras yang ada di daftar lelang yang diberikan Duval kepada Sanji di cerita kepulauan Sabaody.

Dengan kekuatannya, Big Mam bisa sedikit demi sedikit menciptakan mimpinya tersebut. Meskipun sekarang baru terdiri dari beberapa puluh pulau, suatu hari nanti ia berharap seluruh dunia akan hidup seperti ini.

Tetapi di dalam kesempurnaan, biasanya terselip sebuah hal yang menjadikan kesempurnaan itu tidak sempurna.

Kita sudah banyak melihat hal ini.

Misalnya saat di kerajan Goa, kerajaan yang bersih wangi ternyata memiliki segunung sampah yang mereka kumpulkan bersama manusia yang tak mereka inginkan di suatu tempat.

Begitupun dengan Dressrosa, negeri indah penuh cinta yang ternyata menyimpan masa lalu mengerikan dan juga kenangan yang hilang dari para penduduknya.

Bagaimana dengan Totland?

Sedikit melihat Big mam sebagai pemimpin, sepertinya ia tak segan-segan mengambil paksa sesuatu yang ia inginkan. Mungkin seperti itulah Totland. Mungkin negara ini berdiri dari hasil pembantaian terhadap orang-orang lain diluar sana yang tak berada di Totland. Mungkin juga semua orang hidup disini karena keterpaksaan. Atau hal lain.

Mungkin juga ini berhubungan dengan rahasia Pedro, percakapannya dengan mink disana yang sangat mencurigakan. Ataukah masalah Pedro ini masalah lain yang akan menjadi sesuatu yang besar di kemudian hari?

Yang jelas, aku bisa mencium bahwa ada sesuatu yang salah di negeri ini. Kalian bisa menciumnya?

~~ Memancing Karet ~~

Pulau Whole Cake, 3 hari menuju pesta teh. Sanji sang pengantin pria sudah sampai disana. Persiapan juga bisa dikatakan lancar.

Hal aneh saat melihat Big Mam bernyanyi adalah, para benda mati disekelilingnya yang berubah jadi hidup dan ikut bernyanyi.

Sebelumnya kita sudah melihat kapal, pintu, dan karpet hidup yang bernyanyi. Persamaan ketiga benda tersebut adalah ketiganya hanya menyanyikan nama mereka sendiri.

Tak begitu dengan apa yang terjadi di Whole Cake. Para benda mati itu bisa berinteraksi dengan Big Mam sesuka hati. Selain itu, tak hanya benda mati saja yang jadi hidup disana, tumbuhan pun jadi punya wajah dan ikut bernyanyi.

Jika ada hal aneh di One Piece, biasanya pelakunya adalah buah setan.

Apakah keanehan tersebut adalah hasil dari kekuatan buah setan? Buah setan siapa? Lebih penting, buah setan dengan kekuatan apa?

Kita tinggalkan pertanyaan yang membuatku pusing tujuh keliling tersebut. Kita beralih ke hal lain.

Big Mam sepertinya tak masalah dengan bagaimana ia mendapatkan bahan-bahan asalkan pesta yang ia gelar berjalan dengan lancar. “Pilih dengan hati-hati, curi dan bunuh jika dibutuhkan” sepertinya benar-benar menjadi motto kelompok ini.

Anak buahnya terlihat mengumpulkan bahan makanan dengan paksaan.

Seorang anak buah terlihat naik bangau, seorang terlihat seperti dari suku tangan panjang, dan seorang lagi terlihat sebagai seorang wanita pendekar pedang.

Apakah mereka para petarung elit dari kelompok ini?

Dan hal mengejutkan terakhir adalah, ternyata Big Mam tahu bahwa Luffy sedang menuju pulau whole cake!

Darimana ia bisa tahu hal ini?

Seseorang di tim Sunny berkhianat? Aladdin atau orang lain yang lihat dan melaporkannya? Sesroang dari Germa 66 melaporkan mereka? Purin memberitahu ibunya? Atau memang Nitro si Jelly adalah benar pengawas pribadi milik Big Mam yang setia?

Apapun, aku berpikir bahwa Big Mam sendiri yang memang memancing Luffy untuk datang ke Pulau Whole Cake.

Di cerita Hensel and Gretel, si penyihir membuat rumah yang bisa dimakan untuk menarik para anak-anak. Hensel dan Gretel adalah 2 bocah yang terperdaya oleh tipu muslihat sang penyihir. Si penyihir terus memberi makan Hensel untuk membuatnya jadi gendut sebelum memakannya. Singkat cerita Gretel bisa menipu dan mengalahkan si penyihir lalu menyelamatkan Hensel.

Jika kita ibaratkan Big Mam sebagai penyihir, aku bisa membayangkan Luffy sebagai Hensel yang berhasil ditipu mentah—mentah oleh Big Mam untuk datang ke rumahnya, entah untuk tujuan apa – yang jelas bukan untuk memakan Luffy XD Hal ini bisa dilihat dari Luffy yang memakan rumah dan jadi gendut – mirip dengan Hensel.

Jika sudah begini, aku akan menunggu sosok Gretel yang berhasil membalikkan semua tipu daya itu dan mengalahkan si penyihir lalu menyelamatkan Hensel.

Dan aku yakin, bahwa sosok cerdas dalam diri Gretel itu dalam cerita Whole Cake akan diperankan oleh seorang wanita yang juga penuh daya tipu muslihat untuk mengatasi sebuah situasi yang genting – dan sosok itu bernama NAMI.

Sekian dulu review kali ini.
:D

Aku benar-benar minta maaf jika review kali ini keluarnya sangat lama. Aku sangat sibuk hingga tak bisa sama sekali memikirkan tentang One Piece seminggu ini. Maaf juga jika review kali ini amburadul dan tak enak untuk dibaca. Semoga kalian memaafkanku. hehe

Terima kasih sudah membaca sampai disini dan sampai jumpa lagi~~
:D

Salam alis keriting~~ 66

Credit by: Oikgerd. Admin One Piece Fans Club Indonesia
Hiduplah Menurut Jalan Pikiranmu Sendiri, Luffy!
Ada Kalanya Era Ini Tiba-tiba Menentukan Segalanya. Itulah Pertanyaan Dunia!
Hari di Mana Kita Akan Bertemu!

---Monkey D. Dragon---
Gambar

Siapa yang online

Pengguna yang lagi ada di forum ini: Tidak ada pengguna yang terdaftar and 7 tamu